Rabu, 01 Juni 2011

Pertolongan Pertama Ketika Tubuh Bayi Kemasukan Benda Asing

Post Pertolongan Pertama Ketika Tubuh Bayi Kemasukan Benda Asing

Anda harus waspada telinga si kecil kemasukan benda asing jika anak mengeluhkan rasa sakit pada telinganya, pendengaran si kecil terganggu, si kecil merasa ada sesuatu di dalam telinganya, serta keluarnya cairan dari dalam telinga.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika telinga si kecil kemasukan benda asing adalah melihat seberapa jauh benda tersebut masuk ke dalam liang telinganya. Bagaimana caranya?

  1. Cegah si kecil menggunakan jemarinya atau alat bantu yang lain untuk mengorek liang telinganya (walaupun dengan maksud untuk mengeluarkan benda asing tersebut). Karena tindakan ini justru dapat menyebabkan telinga menjadi luka/ bengkak, berujung pada semakin sulitnya mengeluarkan benda asing dari dalam telinga.
  2. Cegah si kecil agar tidak menggaruk bagian dalam telinga yang terasa gatal. Tindakan tersebut akan membawa benda asing tersebut masuk lebih jauh ke dalam telinga.
  3. Miringkan kepalanya ke sisi yang berlawanan dari telinga yang kemasukkan benda asing. Periksalah posisi benda yang masuk ke dalam telinganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar